Kamis, 23 Februari 2017

Kisah Brigadir Muhaji temukan warga hilang berkat facebook


info mediaTidak dipungkiri, beberapa bulan terakhir laman media sosial dibanjiri informasi bohong, ujaran kebencian dan fitnah. Namun media sosial tetap ada manfaatnya. Setidaknya ini dirasakan anggota Polsek Tasikmadu Karanganyar, Brigadir Muhaji Lartawan.
Kegemarannya berselancar di facebook, ternyata membawa manfaat bagi Brigadir Muhaji. Secara tak sengaja, pria yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu ini mendapatkan informasi tentang keberadaan salah satu warga yang hilang tiga bulan lalu.
"Hari Kamis (16/2) lalu saya buka grup facebook Info Warga Karanganyar. Saya melihat postingan dari sebuah akun yang melaporkan adanya penemuan seseorang yang tersesat di wilayah Sambit, Ponorogo. Ternyata saya kenal," ujar Muhaji, Rabu (23/2) malam.
Setelah tahu orang yang ditemukan tersebut adalah warga binaannya, pun segera mengecek keberadaannya. Benar saja, perempuan yang ditemukan itu merupakan warga binaannya bernama Sakiyem (70), warga Derman, Karangmojo, Tasikmadu yang hilang 3 bulan lalu.
"Saya langsung teringat salah satu warga binaan saya di Dukuh Derman, Desa Karangmojo, yang 3 bulan lalu melaporkan kehilangan salah satu keluarganya. Bu Sakiyem hilang ketika menonton Sekaten di Solo. Sayangnya yang bersangkutan sudah lansia dan pikun," katanya.
Usai memastikan keberadaan Sakiyem, Brigadir Muhaji mendatangi warga yang dulu melaporkan kehilangan keluarganya. Dia lantas menunjukkan foto di facebook tersebut kepada Samto, salah satu keluarga Sakiyem. Ternyata benar, wajah di foto facebook tersebut adalah Sakiyem, keluarga Samto yang hilang.
"Saya kemudian menghubungi Polsek Sambit untuk berkoordinasi menjemput Sakiyem hari itu juga. Dan akhirnya keluarga itu bisa berkumpul kembali setelah 3 bulan hilang," ucapnya.
"Secara khusus, saya berterima kasih kepada grup Facebook Info Warga Karanganyar. Berkat postingan salah satu membernya, bisa membantu masyarakat. Karena ibu Sakiyem sudah lansia dan pikun. Saya imbau keluarga lebih waspada menjaganya, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi," kata Brigadir Muhaji.
Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak mengapresiasi dan bangga atas kinerja anak buahnya itu. Dia juga mengimbau agar media sosial bisa digunakan sebagaimana mestinya, serta memberikan manfaat.
"Semoga menjadi ladang pahala baginya. Penggunaan media sosial yang baik, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun begitu juga sebaliknya, jadi bijaklah dalam bermedia sosial," tutup Kapolres.
Load disqus comments
Comments
0 Comments

0 komentar